RPP KELAS 4 MATEMATIKA PENGUKURAN SUDUT

   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :  4 /2
Pelajaran                : Pengukuran Sudut
Sub Pelajaran    : Pengertian dan Pengukuran Sudut
Pertemuan : 1
Alokasi waktu            : 90 menit
KOMPETENSI INTI
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.12 Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam sutuan baku dengan menggunakan busur derajat.
3.12.1. Memahami pengertian dari sudut.
4.12 Mengukur sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.
4.12.1. Menjelaskan pengertian dari sudut.
TUJUAN
Melalui penjelasan guru siswa mampu memahami pengertian dari sudut.
Melalui penjelasan guru siswa mampu memahami menjelaskan pengertian dari sudut.
MATERI
Pengertian Sudut
PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Religius dan Integritas)
Untuk menjaga semangat nasionalisme menyanyikan salah satu lagu wajib atau nasional.
Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan sebelumnya
Guru mengulas tugas belajar dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Mengamati
Siswa mengamati penjelasan guru tentang Pengertian dan Pengukuran Sudut, (literasi)
Menanya
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan oleh guru. (Critical Thinking and Problem Solving)
Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami
Guru menjelasakan pertanyaan siswa
Menalar
Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang pengertian dan unsur-unsur pembentuk sudut.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi
Guru membimbing dan memberikan pembenaran apabila terdapat kesalahan pada siswa
Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan
Mengkomunikasikan
Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang pengertian sudut(Comunicatian)
Siswa menyampaikan manfaat belajar materi ini secara lisan di depan teman dan guru.
   65
    menit


Kegiatan
Penutup
Guru memberikan penguatan materi tentang bangun datar
Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi untuk menambah semangat belajar siswa
Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, (Mandiri)
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
Salam dan doa penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)
    15
    menit

PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut;
Butir soal;
Apa pengertian dari sudut ?
Sebutkan unsur pembentuk sudut
Sebutkan cara menamai sudut
SUMBER DAN  MEDIA
Buku Pedoman Guru Tema 4  Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
BSE KTSP
Papan tulis
Software Pengajaran  kelas 4 SD/MI dari SCI Media
Catatan Guru
1. Masalah        :.
2. Ide Baru :..
3. Momen Spesial :.

Mengetahui
Kepala Sekolah,


NIP.
,    ...............
Guru Matematika Kelas 4  ,


NIP.
x
x
x

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMAHAMI PROSES MANUFAKTUR BENANG

Pencucukan Benang Lusi

MEMAHAMI PROSES MANUFAKTUR KAIN