RPP kelas 4 Semester 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah :  SDN 01 KIBANG TRI JAYA
Kelas/ Semester :  IV/1 (satu)
Tema :  5. Pahlawanku
Subtema :  2. Pahlawanku Kebanggaanku
Pembelajaran ke :  1
Fokus Pembelajaran :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Alokasi Waktu :  6 x 35 menit (6 JP)

KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi.
3.8.1 Menyebutkan informasi dengan menggunakan tabel KW (know –what do you want to know)

4.8 Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru
4.8.1 Mempresentasikan informasi berdasarkan tabel KW


IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.7 Memahami sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
3.7.1   Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan seharihari.

4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya.
4.7.1     Melaporkan hasil percobaan yang memanfaatkan sifatsifat cahaya dalam bentuk tulisan.


IPS
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/ atau Buddha dan/ atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
3.4.1  Menyebutkan peninggalan kerajaan masa Hindu,Buddha dan Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi mastarakat di wilayah setempat.

4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu dan/ atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini.
4.4.1 Membuat laporan peninggalan kerajaan masa Hindu,Buddha dan Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran.


TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah membaca teks tentang Sultan Hasanuddin, siswa mampu menyebutkan informasi yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui dengan benar.
Setelah mengumpulkan informasi yang sudah dan ingin diketahui lebih lanjut, siswa mampu mempresentasikannya melalui bahasa lisan dan tulisan.
Setelah mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi peninggalan kerajaan Islam serta pengaruhnya bagi wilayah setempat dengan benar.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan peninggalan kerajaan di masa Islam dan pengaruhnya di wilayah setempat dengan menggunakan peta pikiran.
Setelah melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin, siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
Setelah melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin, siswa mampu menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar.

MATERI PEMBELAJARAN
Menuliskan informasi yang sudah dan baru diketahui.
Perjuangan Sultan Hasanuddin.
Kerajaan bercorak Islam dan pengaruh peninggalannya bagi masyarakat Indonesia.
Mengenal VOC.
Melakukan percobaan penerapan sifat pemantulan cahaya.

PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
Metode Pembelajaran : Percobaan, permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah

MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat
:
cermin datar, gambar Sultan Hasanuddin

Bahan
:
-

Sumber Belajar
:
Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas IV,  Tema 5: Pahlawanku, Subtema 2: Pahlawanku Kebanggaanku, Pembelajaran 1.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu

Pendahuluan
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Salah satu siswa memimpin doa.
Guru memfasilitasi siswa untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap jujur yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Guru membuka pembelajaran dengan menempelkan gambar Sultan Hasanuddin di papan tulis. Kemudian, guru meminta siswa untuk menyampaikan apa yang sudah mereka ketahui tentang tokoh tersebut.
Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan belajar tentang nilai-nilai kepahlawanan dari raja-raja di masa Islam.
Siswa memperhatikan informasi yang diberikan guru.
15 menit

Kegiatan Inti
Siswa diminta untuk membaca teks “Sultan Hasanuddin” dalam hati. Guru ikut membaca.
Siswa kemudian menuliskan apa yang sudah mereka ketahui tentang Sultan Hasanuddin dan apa yang ingin mereka ketahui tentangnya. Siswa menuliskannya pada tabel yang ada di buku pelajaran dan mendiskusikannya dengan teman kelompok.
Siswa dibimbing untuk berdiskusi. Guru berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
Siswa diajak untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan.
Siswa menyampaikan hasil diskusi.
Kegiatan diskusi siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 1)
Siswa diberi kesempatan untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya.
Guru menguatkan jawaban-jawaban yang ada dengan meminta siswa untuk mengamati animasi peta pikiran tentang kerajaan bercorak Hindu di Indonesia melalui Rumah Juara.


Tulisan siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 2)
Guru melanjutkan kegiatan dengan menginformasikan bahwa siswa akan melakukan percobaan tentang cahaya dan cermin.
Setiap siswa diminta untuk membaca teks pada buku pelajaran. Siswa kemudian menuliskan tiga pertanyaan tentang berkomunikasi menggunakan cermin. Pertanyaan ditukar dengan teman sebelah dan siswa kemudian menjawab pertanyaan temannya. Setelah selesai, siswa mengembalikannya dan memeriksa jawaban teman.
Guru membahasnya sebentar tentang topik berkomunikasi dengan cermin. Berikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
Percobaan dapat dilakukan di luar kelas. Siswa dengan tertib ke luar kelas dan berkumpul di halaman setelah mereka membaca prosedur percobaan dan memahaminya.
Siswa diberi kesempatan untuk melakukan percobaan beberapa kali dan setelah selesai mereka diminta kembali ke dalam kelas untuk membuat laporan pada tabel yang sudah disediakan pada buku pelajaran.
Laporan siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 3)
Untuk menambah pemahaman siswa tentang raja-raja di masa Islam serta peninggalan dan pengaruhnya terhadap masyarakat, guru mengajak siswa untuk mengamati gambar.
Siswa kemudian mengisi tabel dan mendiskusikan isinya dengan teman sebelahnya. Siswa boleh melengkapi tabelnya dengan informasi yang diperoleh dari buku atau guru.
Siswa menuliskan semua informasi yang telah diperoleh pada tabel.
Tulisan siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 4)
180 menit

Kegiatan Penutup

Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
Apa yang telah kamu pelajari hari ini?
Apa yang ingin kamu ketahui lagi dari materi hari ini?
Hal baik apa yang bisa kamu contoh dari raja-raja pada masa Hindu, Budha dan Islam?
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: melakukan percobaan menggunakan cahaya dan cermin bersama orang tua atau teman.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
Siswa melakukan operasi untuk menjaga kebersihan kelas.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit


PENILAIAN
Teknik Penilaian
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap jujur melalui jurnal.



Penilaian Pengetahuan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia
3.8.1 Menyebutkan informasi dengan menggunakan tabel KW (know –what do you want to know)
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

IPA
3.7.1 Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari-hari.
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

IPS
3.4.1 Menyebutkan peninggalan kerajaan masa Hindu, Buddha dan Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi mastarakat di wilayah setempat.
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian


Penilaian Keterampilan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia
4.8.1 Mempresentasikan informasi berdasarkan tabel KW
Unjuk kerja dan unjuk hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 74-75

IPA
4.7.1  Melaporkan hasil percobaan yang memanfaatkan sifatsifat cahaya dalam bentuk tulisan.
Unjuk hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 76

IPS
4.4.1    Membuat laporan peninggalan kerajaan masa Hindu,Buddha dan Islam pada masa kini dan pengaruhnya bagi masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran.
Unjuk hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 75



Remedial
Siswa yang belum memahami sifat cahaya dapat melakukan percobaan ulang. Siswa memahami kembali langkah-langkah kegiatan percobaan satu persatu. Kemudian, melakukannya setahap demi setahap.

Pengayaan
Siswa dapat melanjutkan percobaan cermin dan cahaya, serta membuat kode-kode khusus.

Bentuk Instrumen
Jurnal Penilaian Sikap
Sikap
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Membudaya
Keterangan

Jujur







Rubrik Penilaian Diskusi
Rubrik penilaian diskusi tentang nilai-nilai kepahlawanan Raja Purnawarman.
Berilah tanda centang (() pada bagian yang memenuhi kriteria.
Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan  (1)

Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara tetapi sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara tetapi tidak mengindahkan.

Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampai-kan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan mengispirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, tetapi terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

Penilaian (penskoran):

Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan cek lis.
Indikator Penilaian
Ada
Tidak Ada

Menyampaikan informasi dengan sistematis.



Menyebutkan minimal empat fakta tentang Sultan Hasanuddin.



Menyebutkan minimal dua nilai-nilai sikap kepahlawanan yang diwariskan Sultan Hasanuddin.



Menyebutkan pengaruh dari peninggalan raja-raja terhadap masyarakat setempat.



Penilaian (penskoran):

Rubrik Penilaian IPA
Laporan IPA dinilai dengan rubrik.
Berilah tanda centang (() pada bagian yang memenuhi kriteria.
Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan  (1)

Penerapan konsep
Memperlihat-kan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.
Memperlihat-kan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung tetapi perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.
Memperlihat-kan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas.
Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari.

Komunikasi
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas serta objektif dengan didukung data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas tetapi hanya didukung sebagian kecil data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.

Prosedur dan strategi
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis, dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil.
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis, tetapi masih membutuhkan bimbingan dalam menentukan strategi agar percobaan berhasil.
Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan, dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru.
Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis, dan strategi yang dipilih tidak tepat.

Kesimpulan
Seluruh kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data penunjang dan tepat.
Sebagian besar kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data penunjang dan tepat.
Kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data.
Kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data namun kurang tepat.

Penilaian (penskoran):

Rubrik Penilaian IPS
Tugas dinilai dengan cek lis.
Indikator Penilaian
Ada
Tidak Ada

Memuat minimal dua benda peninggalan sejarah.



Menyebutkan minimal dua ajaran positif yang diwariskan raja-raja.



Menyebutkan minimal dua nilai-nilai sikap kepahlawanan yang diwariskan para raja.



Menyebutkan pengaruh dari peninggalan raja-raja terhadap masyarakat setempat.



Penilaian (penskoran):



Mengetahui,
Kepala SDN 01 Kibang Tri Jaya




MURSALIN, S.Pd.
NIP. 19620715 198207 1 001

Kibang Tri Jaya, ...................201...
Guru Kelas IV




DIDIN NURDIANSYAH, S.Pd.
NIP. 19850607 201407 1 001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah :  SDN 01 KIBANG TRI JAYA
Kelas/ Semester :  IV/1 (satu)
Tema :  5. Pahlawanku
Subtema :  2. Pahlawanku Kebanggaanku
Pembelajaran ke :  2
Fokus Pembelajaran :  PPKn, SBdP
Alokasi Waktu :  4 x 35 menit (4 JP)

KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari- hari.
3.1.13 Menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke lima Pancasila

4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari- hari.
4.1.13 Memberikan contoh pengamalan dari sila lima dalam kehidupan sehari-hari.


SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
3.2.3     Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu maju tak gentar

4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang, dan cepat melalui lagu.
4.2.3  Menyanyikan notasi lagu maju tak gentar sesuai dengan tinggi rendah nada


TUJUAN PEMBELAJARAN
Seletah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila kelima Pancasila dengan benar.
Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh pengamalan dari sila kelima Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
Setelah mengamati teks lagu, siswa mampu mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu “Maju Tak Gentar” dengan benar.
Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” sesuai dengan tinggi rendah nada, tempo, dan sikap tubuh yang sesuai.

MATERI PEMBELAJARAN
Meneladani prestasi Gusnadi Wiyoga.
Makna sila kelima Pancasila.
Perilaku yang sesuai dan tidak sesuai sila kelima Pancasila.
Apresiasi seni musik.
Menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” diiringi tepukan tangan.
Mengapresiasi kegiatan menyanyi.

PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
Metode Pembelajaran : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah

MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat
:
kertas bekas

Bahan
:
-

Sumber Belajar
:
Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas IV,  Tema 5: Pahlawanku, Subtema 2: Pahlawanku Kebanggaanku, Pembelajaran 2.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu

Pendahuluan
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Salah satu siswa memimpin doa.
Guru memfasilitasi siswa untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap jujur dan bertanggung jawab yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Guru membuka pembelajaran dengan mengingatkan kembali tentang nilai-nilai kepahlawanan. Guru menuliskan nilai-nilai tersebut di papan tulis.
Guru bertanya, “Apakah ada toko lain yang memiliki nilai-nilai kepahlwanan?” Siswa menjawab dengan mengangkat tangan.
Guru menyampaikan kepada siswa bahwa siswa akan belajar tokoh Gusnadi Wiyoga.
Siswa memperhatikan informasi yang diberikan guru.
15 menit

Kegiatan Inti
Siswa membaca teks tentang Gusnadi Wiyoga dengan membaca dalam hati. Siswa memberikan tanda pada informasi penting yang ditemukan pada teks. Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada teks secara individu (lihat Buku Guru halaman 80).
Siswa mendiskusikan jawabannya tadi secara berkelompok, Siswa mencari sendiri kelompoknya sebanyak lima siswa dalam satu kelompok. Dalam kelompoknya, siswa mendiskusikan pekerjaannya. Guru menunjuk beberapa kelompok untuk mempresentasikan jawaban. Saat berpresentasi, kelompok lain diminta mendengarkan dan memberikan masukan. Guru memberi penguatan (lihat Buku Guru halaman 80).
Dalam kelompoknya, siswa diminta untuk mengamati simbol sila kelima Pancasila. Siswa mendiskusikan pertanyaan yang disediakan (lihat Buku Guru halaman 80).
Diskusi klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya.
Kegiatan siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 1)
Siswa kembali lagi mendiskusikan masalah yang terkait dengan sila kelima. Setiap kelompok diminta membaca cerita dan menjawab pertanyaan seperti pada Buku Guru halaman 81.
Siswa menuliskan hasil diskusinya di kalender bekas.
Siswa diminta untuk memasang pekerjaanya di jendela kelas. Guru mengingatkan untuk memberikan nama kelompok pada setiap pekerjaan.
Siswa saling melihat pekerjaan temannya. Siswa bisa memberikan masukan dan menuliskannya.
Setelah selesai, semua kelompok mengambil kembali pekerjaannya. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan masukkan-masukkan tersebut.
Guru memberikan penguatan. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya.
Di akhir pembelajaran, siswa diminta untuk menuliskan lima contoh tindakan dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan makna sila kelima Pancasila. Siswa menulisnya di lembar kerja di buku siswa. Siswa menuliskan alasan dari contoh yang diberikan.
Tugas siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 2)
Guru menyampaikan bahwa para pahlawan semangat untuk meraih kemerdekaan. Begitu pula Gusnadi Wiyoga memiliki semangat untuk meraih cita-citanya. Sikap itu harus kita contoh dalam kehidupan sehari-hari.
Siswa diajak untuk berlatih kembali lagu “Maju Tak Gentar”.
Guru mencontohkan lagu “Maju Tak Gentar” dengan iringan ketukan tempo sedang. Guru mencontohkan dengan ekspresi yang tepat.
Siswa menyanyikan syair lagu dengan bersama-sama satu kelas dengan tempo sedang. Guru memberikan sesuai ketukan dengan tempo aba-aba sedang.
Siswa dibagi ke dalam kelompok. Dalam kelompoknya, siswa berlatih menyanyikan syair lagu ini dengan tempo sedang. Siswa juga memperhatikan tinggi rendah nada. Siswa berlatih tempo dengan tepuk tangan.
Setiap siswa akan maju menyanyi di depan kelas untuk penilaian. Guru mengingatkan ekspresi saat bernyanyi harus sesuai dengan lagu.
Setelah semua siswa selesai, siswa meminta pendapat teman di kelompoknya untuk menilai lagu yang dia telah nyanyikan.
Kegiatan menyanyi siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 3)
110 menit

Kegiatan Penutup

Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
Hal-hal baik apa yang kamu pelajari hari ini?
Hal baik apa yang bisa kamu contoh dari Wioga?
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: menyampaikan sikap Wiyoga dan meminta pendapat orang tua tentang hal-hal yang bisa menjadi contoh dari sikap Wiyoga.
Siswa melakukan operasi untuk menjaga kebersihan kelas.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit



PENILAIAN
Teknik Penilaian
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap jujur dan tanggung jawab melalui jurnal.

Penilaian Pengetahuan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen

PPKn
3.1.13 Menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila ke lima Pancasila
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

SBdP
3.2.3  Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu maju tak gentar
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian




Penilaian Keterampilan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen

PPKn
4.1.13 Memberikan contoh pengamalan dari sila lima dalam kehidupan sehari-hari
Unjuk kerja dan unjuk hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 87

SBdP
4.2.3  Menyanyikan notasi lagu maju tak gentar sesuai dengan tinggi rendah nada
Unjuk kerja
Rubrik penilaian pada BG halaman 88


Remedial
Siswa mengerjakan soal-soal tentang perilaku yang sesuai dan tidak sesuai dengan sila kelima Pancasila.

Pengayaan
Siswa dapat diberikan soal-soal dengan yang lebih bervariasi.

Bentuk Instrumen
Jurnal Penilaian Sikap
Sikap
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Membudaya
Keterangan

Jujur






Tanggung Jawab







Rubrik Penilaian PPKn
Diskusi saat membahas simbol sila kelima dan analisis cerita.
Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan  (1)

Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara tetapi sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara tetapi tidak mengindahkan.

Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan mengispirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, tetapi terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

Penilaian (penskoran):



Memberikan contoh aplikasi sila kelima
Kriteria
Ya
Tidak

Contoh yang diberikan sesuai dengan makna sila kelima.



Memberikan alasan dari contoh yang diberikan dengan benar.



Contoh yang diberikan berbeda dengan contoh yang pernah dibahas.



Penilaian (penskoran):
Rubrik Penilaian SBdP
Menyanyikan notasi lagu “Maju Tak Gentar” dengan tinggi rendah nada dan tempo yang tepat.
Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan  (1)

Sikap badan
Posisi tubuh: badan tegak, bahu lurus, rileks, wajah menatap ke depan.
Memenuhi tiga dari empat kriteria.
Memenuhi dua dari empat kriteria.
Memenuhi satu dari empat kriteria.

Pernafasan
Saat mengambil nafas tidak berbunyi, posisi dada tetap terjaga saat mengeluarkan udara, saat mengambil nafas, tulang rusuk bagian.
Menunjukkan tiga kegiatan dari keseluruhan kegiatan.
Menunjukkan dua kegiatan dari keseluruhan kegiatan.
Menunjukkan satu kegiatan dari keseluruhan kegiatan.

Artikulasi
Pengucapan jelas, tidak ada kerancuan.
Pengucapan jelas namun ada sedikit kata yang diucapkan tidak jelas.
Pengucapan jelas namun banyak kata yang diucapkan salah.
Pengucapan tidak jelas, banyak kata yang diucapkan salah.

Nada
Satu lagu utuh dinyanyikan dengan tinggi rendah nada dan tempo yang sesuai.
Sebagian besar lagu dinyanyikan sesuai dengan tinggi rendah.
Sebagian lagu dinyanyikan sesuai dengan tinggi rendah nada.
Sebagian kecil lagu dinyanyikan sesuai dengan tinggi rendah nada dan tempo.

Penjiwaan
Ekspresi sesuai dengan makna lagu.
Sebagian besar ekspresi sesuai dengan makna lagu.
Sebagian kecil ekspresi sesuai dengan makna lagu.
Ekspresi tidak sesuai dengan makna lagu.

Penilaian (penskoran):


Mengetahui,
Kepala SDN 01 Kibang Tri Jaya




MURSALIN, S.Pd.
NIP. 19620715 198207 1 001

Kibang Tri Jaya, ...................201...
Guru Kelas IV




DIDIN NURDIANSYAH, S.Pd.
NIP. 19850607 201407 1 001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah :  SDN 01 KIBANG TRI JAYA
Kelas/ Semester :  IV/1 (satu)
Tema :  5. Pahlawanku
Subtema :  2. Pahlawanku Kebanggaanku
Pembelajaran ke :  3
Fokus Pembelajaran :  IPA, Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu :  4 x 35 menit (4 JP)

KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
IPA
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.7 Memahami sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
3.7.2 Mengidentifikasi sifat- sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari-hari.

4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya.
4.7.2 Melaporkan hasil percobaan lup yang memanfaatkan sifat- sifat cahaya dalam bentuk tulisan.


Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi.
3.8.1 Menyebutkan informasi dengan menggunakan tabel KW (know –what do you want to know)

4.8 Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru
4.8.1 Mempresentasikan informasi berdasarkan tabel KW


TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah melakukan percobaan tentang lup, siswa mampu menyimpulkan sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan benar.
Setelah melakukan percobaan tentang lup, siswa mampu menulis laporan tentang sifat cahaya dan hubungannya dengan penglihatan dengan rinci dan benar.
Setelah membaca teks tentang Sultan Agung, siswa mampu menambah informasi terhadap yang sudah diketahui dan yang ingin diketahui dengan benar.
Setelah menambah informasi terhadap yang sudah dan ingin diketahui lebih lanjut, siswa mampu mempresentasikannya melalui bahasa lisan dan tulisan.

MATERI PEMBELAJARAN
Lup atau kaca pembesar.
Melakukan percobaan membuat lup sederhana.
Menuliskan informasi yang sudah dan baru diketahui.



PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
Metode Pembelajaran : Percobaan, permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah

MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat
:
-

Bahan
:
kantong plastik, kertas putih dengan tulisan kecil, air

Sumber Belajar
:
Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas IV,  Tema 5: Pahlawanku, Subtema 2: Pahlawanku Kebanggaanku, Pembelajaran 3.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu

Pendahuluan
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Salah satu siswa memimpin doa.
Guru memfasilitasi siswa untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap bertanggung jawab yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Guru membuka pembelajaran dengan mengingatkan kembali materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Siswa memperhatikan informasi yang diberikan guru.
15 menit

Kegiatan Inti
Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan membuat lup (kaca pembesar). Perwakilan siswa diminta untuk mengambil perlengkapan percobaan.
Siswa diingatkan kesepakatan yang telah disusun bersama tentang keamanan dan kenyamanan dalam melakukan percobaan.
Kelompok membaca prosedur percobaan. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya apabila ada hal-hal yang tidak mereka pahami.
Sebelum memulai percobaan, siswa diajak untuk mengamati video percobaan membuat lup sederhana yang terdapat dalam Rumah Juara.


Saat siswa melakukan percobaan, guru berkeliling untuk memastikan semua siswa aktif dalam kegiatan. Guru memberikan pertanyaan pancingan untuk membantu dan memotivasi mereka bekerja.
Setiap siswa kemudian membuat laporan pada tabel yang telah disediakan di buku pelajaran.
Laporan siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 1)
Guru meminta siswa untuk membaca teks tentang Sultan Agung.
Siswa kemudian mengisi tabel KW dengan dimulai dari kolom di sebelah kiri. Kolom di sebelah kanan dapat diisi setelah siswa menggali informasi dari sumber lain. Guru membimbing siswa dalam proses pengisian tabel (lihat Buku Guru halaman 95).
Setelah informasi lengkap, siswa kemudian diminta untuk menuliskan kembali kepahlawanan Sultan Agung melalui tulisan. Tulisan harus memuat tokoh, tempat, waktu, hubungan ketiganya, serta memperhatikan ejaan yang benar.
Tulisan siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 2)
110 menit

Kegiatan Penutup

Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
Hal-hal baik apa yang kamu peroleh saat bekerjasama pada kegiatan percobaan?
Apa yang menjadi hambatan ketika berkerja ssma?
Bagaimana cara kamu mengatasi hambatan itu?
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: mrnceritakan perjuangan Sultan Agung kepada orangtua dan menanyakan pada orangtua siapa pahlawan yang menjadi kebanggaan orangtua.
Siswa melakukan operasi untuk menjaga kebersihan kelas.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit


PENILAIAN
Teknik Penilaian
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap tanggung jawab melalui jurnal.

Penilaian Pengetahuan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen

IPA
3.7.2 Mengidentifikasi sifat- sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan dalam kehidupan sehari-hari.
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

Bahasa Indonesia
3.8.1 Menyebutkan informasi dengan menggunakan tabel KW (know –what do you want to know)
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian


Penilaian Keterampilan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen

IPA
4.7.2 Melaporkan hasil percobaan lup yang memanfaatkan sifat- sifat cahaya dalam bentuk tulisan.
Unjuk hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 98

Bahasa Indonesia
4.8.1 Mempresentasikan informasi berdasarkan tabel KW
Unjuk hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 97


Remedial
Siswa yang belum lancar dengan langkah pembuatan lup sederhana dapat mempraktikkannya dengan teman saat istirahat.

Pengayaan
Siswa mencari informasi tambahan tentang Sultan Agung khususnya tentang kalender yang diciptakannya.



Bentuk Instrumen
Jurnal Penilaian Sikap
Sikap
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Membudaya
Keterangan

Tanggung Jawab







Rubrik Penilaian IPA
Laporan percobaan IPA dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan  (1)

Penerapan konsep
Memperlihat-kan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.
Memperlihat-kan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung tetapi perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.
Memperlihat-kan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas.
Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari.

Komunikasi
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas serta objektif dengan didukung data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas tetapi hanya didukung sebagian kecil data penunjang.
Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.

Prosedur dan strategi
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis, dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil.
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis, tetapi masih membutuhkan bimbingan dalam menentukan strategi agar percobaan berhasil.
Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan, dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru.
Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis, dan strategi yang dipilih tidak tepat.

Kesimpulan
Seluruh kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data penunjang dan tepat.
Sebagian besar kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data penunjang dan tepat.
Kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data.
Kesimpulan percobaan disampaikan dengan memuat data namun kurang tepat.

Penilaian (penskoran):

Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan  (1)

Topik cerita
Topik cerita disampaikan dengan benar.
Topik cerita disampaikan mendekati benar.
Topik cerita disampaikan tetapi kurang benar.
Topik cerita tidak disampaikan.

Sistematika
Alur disampaikan dengan lengkap dan runtut.
Alur disampaikan dengan lengkap tetapi tidak runtut.
Sebagian besar alur disampaikan dengan runtut.
Sebagian kecil alur disampaikan dan tidak runtut.

Ejaan
Seluruh tulisan menggunakan ejaan yang benar.
Sebagian besar tulisan menggunakan ejaan yang benar.
Sebagian kecil tulisan menggunakan ejaan yang benar.
Tulisan tidak menggunakan ejaan yang benar.

Fakta pendukung
Fakta pendukung yang disampaikan seluruhnya sesuai dengan isi cerita.
Fakta pendukung yang disampaikan sebagian besar sesuai dengan isi cerita.
Fakta pendukung yang disampaikan sebagian kecil sesuai dengan isi cerita.
Fakta yang disampaikan tidak sesuai dengan isi cerita.

Penilaian (penskoran):



Mengetahui,
Kepala SDN 01 Kibang Tri Jaya




MURSALIN, S.Pd.
NIP. 19620715 198207 1 001

Kibang Tri Jaya, ...................201...
Guru Kelas IV




DIDIN NURDIANSYAH, S.Pd.
NIP. 19850607 201407 1 001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah :  SDN 01 KIBANG TRI JAYA
Kelas/ Semester :  IV/1 (satu)
Tema :  5. Pahlawanku
Subtema :  2. Pahlawanku Kebanggaanku
Pembelajaran ke :  4
Fokus Pembelajaran :  Bahasa Indonesia, PPKn
Alokasi Waktu :  4 x 35 menit (4 JP)

KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.8 Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan yang baru diketahui dari teks nonfiksi.
3.8.1 Menyebutkan informasi dengan menggunakan tabel KW (know –what do you want to know)

4.8 Menyampaikan hasil membandingkan pengetahuan lama dengan pengetahuan baru
4.8.1 Mempresentasikan informasi berdasarkan tabel KW


PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari- hari.
3.1.11 Menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila ke lima

4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari- hari.
4.1.11 Menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan sila ke lima Pancasila


TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan informasi dengan menggunakan tabel KW (know –what do you want to know) dari Pattimura dengan terperinci.
Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan informasi yang telah dipelajaridari teks Pattimura mempresentasikan informasi dalam bentuk tabel.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila kelima dengan benar.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan sila keempat Pancasila dengan benar.

MATERI PEMBELAJARAN
Menuliskan informasi yang sudah dan baru diketahui.
Membuat peta pikiran sesuai informasi yang didapat.
Meneladani semangat perjuangan Pattimura.
Sikap yang sesuai dan tidak sesuai dengan sila kelima Pancasila.



PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
Metode Pembelajaran : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah

MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat
:
-

Bahan
:
-

Sumber Belajar
:
Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas IV,  Tema 5: Pahlawanku, Subtema 2: Pahlawanku Kebanggaanku, Pembelajaran 4.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu

Pendahuluan
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Salah satu siswa memimpin doa.
Guru memfasilitasi siswa untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap jujur dan bertanggung jawab yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Guru membuka pembelajaran dengan mengingatkan kembali materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Guru membawa foto-foto pahlawan nasional. Guru menyampaikan bahwa merekalah yang bekerja keras melawan penjajah.
Guru menyampaikan bahwa kali ini kita akan membahas tentang tokoh Pattimura.
Siswa memperhatikan informasi yang diberikan guru.
15 menit

Kegiatan Inti
Guru bertanya kepada siswa, apa yang sudah kamu ketahui tentang Pattimura?
Siswa mengisinya pada tabel di buku siswa.
Guru kembali bertanya, “Apa yang ingin kamu ketahui dari Pattimura?”
Siswa menuliskan hal-hal yang ingin mereka ketahui pada tabel yang ada di buku siswa.
Guru akan bertanya kepada siswa, hal-hal yang sudah mereka ketahui dan ingin mereka ketahui.
Guru menuliskan di papan tulis. Pertanyaan dan hal yang diketahui disimpan terlebih dahulu. Guru menyampaikan bahwa siswa akan membaca teks tentang Pattimura untuk menjawab rasa ingin tahu mereka.
Siswa membaca teks Pattimura dengan membaca dalam hati. Guru mengingatkan siswa untuk memberikan garis bawah pada informasi yang dianggap penting.
Setelah selesai, siswa diminta untuk melihat ke papan tulis. Siswa melihat apakah informasi yang disampaikan oleh siswa sudah benar. Siswa dan guru mengamati satu persatu hal-hal yang diketahui dan memberikan tanda À untuk informasi yang benar.
Sekarang untuk hal yang ingin diketahui, siswa mencoba menjawab hal-hal yang ingin mereka ketahui. Jika ada informasi yang tidak bisa terjawab dari teks siswa bisa mencari informasi lainya. Guru memotivasi siswa untuk terus senang membaca dan mencari informasi.
Selanjutnya, siswa diajak untuk mengamati contoh peta pikiran yang terdapat dalam Rumah Juara.

Siswa menuliskan hal-hal yang mereka ketahui berdasarkan teks yang dibaca dalam bentuk peta pikiran di buku siswa.
Tugas siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 1)
Siswa saling mempresentasikan peta pikiran yang dibuat kepada teman pasangannya. Guru memberikan penguatan.
Siswa dibagi ke dalam kelompok. Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan pada Buku Guru halaman 103.
Siswa menuliskan hasil diskusinya di kalender bekas.
Siswa diminta untuk memasang pekerjaanya di jendela kelas. Guru mengingatkan untuk memberikan nama kelompok pada setiap pekerjaan.
Siswa saling melihat pekerjaan temannya. Siswa bisa memberikan masukan dan menuliskannya.
Setelah selesai, semua kelompok mengambil kembali pekerjaannya. Dalam kelompoknya, siswa mendiskusikan masukkan-masukkan tersebut.
Guru memberikan penguatan. Guru bisa bertanya atau menyampaikan tokoh di daerahnya yang juga memiliki nilai-nilai baik seperti Pattimua.
Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya.
Kegiatan diskusi siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 2)
Siswa untuk menuliskan refleksi diri. Apakah tindakannya dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan makna sila kelima Pancasila. Siswa menulisnya di lembar kerja di buku siswa.
Tugas siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 3).
Guru menguatkan bahwa Kapittan Pattimura memimpin perang melawan Belanda. Ia ingin adanya keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Guru memotivasi siswa untuk terus belajar dengan giat.
110 menit

Kegiatan Penutup

Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
Hal-hal baik apa yang kamu pelajari hari ini?
Apa hal baik yang dapat kita contoh dari Kapitan Pattimura?
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: menceritakan nilai-nilai baik yang dimiliki Kapitan Pattimura.
Siswa melakukan operasi untuk menjaga kebersihan kelas.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit

 PENILAIAN
Teknik Penilaian
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap jujur dan tanggung jawab melalui jurnal.
Penilaian Pengetahuan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia
3.8.1 Menyebutkan informasi dengan menggunakan tabel KW (know –what do you want to know)
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

PPKn
3.1.11 Menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila ke lima
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

Penilaian Keterampilan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia
4.8.1 Mempresentasikan informasi berdasarkan tabel KW
Unjuk hasil dan unjuk kerja
Rubrik penilaian pada BG halaman 105 dan 108

PPKn
4.1.11 Menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan sila ke lima Pancasila
Unjuk hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 106

Remedial
Siswa yang belum lancar dengan pengisian tabel KW untuk mencari informasi dapat mempraktikkannya dengan teman saat istirahat.

Pengayaan
Siswa bisa diberikan soal-soal dengan yang lebih rumit.

Bentuk Instrumen
Jurnal Penilaian Sikap
Sikap
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Membudaya
Keterangan

Jujur






Tanggung Jawab







Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia
Mencari informasi.
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan  (1)

Informasi
Menemukan seluruh informasi penting pada teks.
Menemukan sebagian besar informasi penting pada teks.
Menemukan sebagian informasi penting pada teks.
Menemukan sebagian kecil informasi penting pada teks.

Mengolah informasi
Mengolah semua informasi berdasarkan kriteria (pertanyaan) dengan benar.
Mengolah sebagian besar informasi berdasarkan kriteria (pertanyaan) dengan benar.
Mengolah sebagian informasi berdasarkan kriteria (pertanyaan) dengan benar.
Mengolah sebagian kecil informasi berdasarkan kriteria (pertanyaan) dengan benar.

Menyajikan informasi
Semua informasi ditulis dalam peta pikiran dengan sistematis, runtut, dan mudah dipahami.
Sebagian besar informasi ditulis dalam peta pikiran dengan sistematis, runtut, dan mudah dipahami.
Sebagian informasi ditulis dalam peta pikiran dengan sistematis, runtut, dan mudah dipahami.
Sebagian kecil informasi ditulis dalam peta pikiran dengan sistematis, runtut, dan mudah dipahami.

Penilaian (penskoran):



Rubrik Penilaian Diskusi
Diskusi saat membahas sikap tokoh.
Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan  (1)

Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara tetapi sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara tetapi tidak mengindahkan.

Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampai-kan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan mengispirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, tetapi terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

Penilaian (penskoran):

Rubrik Penilaian PPKn
Refleksi diri sesuai sila kelima.
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan  (1)

Sikap yang sudah baik
Menuliskan tiga sikap sesuai dengan sila keempat yang sudah dilakukan.
Menuliskan dua sikap sesuai dengan sila keempat yang sudah dilakukan.
Menuliskan satu sikap sesuai dengan sila keempat yang sudah dilakukan.
Belum mampu menuliskan sikap sesuai dengan sila keempat yang sudah dilakukan.

Dampak sikap baik
Menjelaskan tiga dampak dari sikap tersebut.
Menjelaskan dua dampak dari sikap tersebut.
Menjelaskan satu dampak dari sikap tersebut.
Belum mampu menjelaskan dampak dari sikap tersebut.

Sikap perlu diperbaiki
Menuliskan tiga sikap yang belum sesuai.
Menuliskan dua sikap yang belum sesuai.
Menuliskan satu sikap yang belum sesuai.
Belum mampu menuliskan sikap yang belum sesuai.

Dampak sikap belum baik
Menjelaskan tiga dampak dari sikap yang belum sesuai.
Menjelaskan dua dampak dari sikap yang belum sesuai.
Menjelaskan satu dampak dari sikap yang belum sesuai.
Belum mampu menjelaskan dampak dari sikap yang belum sesuai.

Rencana tindak lanjut
Menuliskan tiga rencana tindak lanjut untuk lebih mengamalkan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari.
Menuliskan dua rencana tindak lanjut untuk lebih mengamalkan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari.
Menuliskan satu rencana tindak lanjut untuk lebih mengamalkan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari.
Belum mampu menuliskan rencana tindak lanjut.

Penilaian (penskoran):




Mengetahui,
Kepala SDN 01 Kibang Tri Jaya




MURSALIN, S.Pd.
NIP. 19620715 198207 1 001

Kibang Tri Jaya, ...................201...
Guru Kelas IV




DIDIN NURDIANSYAH, S.Pd.
NIP. 19850607 201407 1 001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah :  SDN 01 KIBANG TRI JAYA
Kelas/ Semester :  IV/1 (satu)
Tema :  5. Pahlawanku
Subtema :  2. Pahlawanku Kebanggaanku
Pembelajaran ke :  5
Fokus Pembelajaran :  IPS, SBdP
Alokasi Waktu :  4 x 35 menit (4 JP)

Kompetensi Inti
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
IPS
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
3.4.2 Menyebutkan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan kerajaan masa Islam dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi mastarakat di wilayah setempat.

4.4 Menyajikan hasil identifikasi kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat masa kini di lingkungan daerah setempat.
4.4.2 Menyajikan dalam bentuk peta pikiran pahlawanan di masa kerajaan Islam dan pengaruhnya bagi masyarakat di wilayah setempat pada masa kini


SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
3.2.3 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu maju tak gentar

4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang, dan cepat melalui lagu.
4.2.2 Menyanyikan notasi lagu maju tak gentar sesuai dengan tinggi rendah nada


TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menyajikan informasi tentang sikap kepahlawanan dari Ki Hajar Dewantara dan pengaruhnya terhadap masyarakat di wilayah setempat dalam bentuk peta pikiran.
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran tentang sikap kepahlawanan dari Ki Hajar Dewantara dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi masyarakat di wilayah setempat.
Setelah berlatih dan mengamati contoh dari guru, siswa mampu mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu “Maju Tak Gentar”.
Setelah berlatih dan mengamati contoh dari guru, siswa mampu menyanyikan lagu “Maju Tak Getar” dengan tinggi rendah dan tempo yang sesuai.

MATERI PEMBELAJARAN
Mengenal perjuangan Ki Hajar Dewantara.
Mengenal tanda tempo dalam lagu.
Menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” secara berkelompok.
Mengapresiasi kegiatan menyanyi.

PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN

Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
Metode Pembelajaran : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah

MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat
:
Audio, Notasi dan Lirik Lagu “Maju Tak Gentar”.

Bahan
:
-

Sumber Belajar
:
Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas IV,  Tema 5: Pahlawanku, Subtema 2: Pahlawanku Kebanggaanku, Pembelajaran 5.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu

Pendahuluan
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Salah satu siswa memimpin doa.
Guru memfasilitasi siswa untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap jujur dan tanggung jawab yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Guru membuka pembelajaran dengan mengingatkan kembali materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Guru bertanya “Apa yang kalian ketahui tentang Ki Hajar Dewantara?”
Siswa mendiskusikan jawabannya dalam kelompok.
15 menit

Kegiatan Inti
Siswa mengamati gambar dan membaca teks yang terdapat dalam buku siswa.
Siswa diminta membuat pertanyaan berdasarkan teks.
Siswa menukarkan pertanyaan dengan teman dan meminta teman tersebut menjawab pertanyaan.
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks dan menuliskan pada peta pikiran yang terdapat dalam buku siswa.
Tugas siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 1).
Guru menyampaikan bahwa Ki Hajar Dewantara adalah pahlawan pendidikan Indonesia. Berkat beliau, kita bisa bersekolah seperti sekarang. Kemudian, guru bertanya, “Apa yang sebaiknya kita lakukan sebagai pelajar?”
Siswa diberikan penguatan dalam memaknai semangat pahlawan dengan menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar”.
Setelah berlatih menyanyikan notasi dan lirik lagu “Maju Tak Gentar”, siswa diminta menampilkan lagu tersebut di depan kelas secara berkelompok.
Siswa memperhatikan arahan dari guru tentang kriteria menyanyikan lagu dengan baik.
Siswa diajak untuk mendengarkan audio lagu “Maju Tak Gentar” yang terdapat dalam Rumah Juara.

Siswa diminta mengajukan pertanyaan kepada guru jika ada hal yang belum mereka pahami.
Ketika kelompok lain tampil, setiap siswa diminta membuat catatan tetang penampilan kelompok lain dalam berbagai aspek, misalnya tinggi rendah nada, tempo, kekompakan, serta ekspresi.
Kegiatan menyanyi siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 2).
110 menit

Kegiatan Penutup

Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
Bagian mana yang sudah kamu pahami dengan baik?
Bagian mana yang belum kamu pahami?
Apakah hal tersebut bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari?
Bagaimana perasaanmu selama belajar?
Apakah ada hal lain yang ingin kamu ketahui?
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: menceritakan kepada orang tua tentang perjuangan Ki Hajar Dewantara.
Siswa melakukan operasi untuk menjaga kebersihan kelas.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
menit


PENILAIAN
Teknik Penilaian
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap jujur dan tanggung jawab.

Penilaian Pengetahuan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen

IPS
3.4.2 Menyebutkan sikap kepahlawanan sebagai peninggalan kerajaan masa Islam dan pengaruhnya terhadap masa kini bagi mastarakat di wilayah setempat.
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

SBdP
3.2.3 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu maju tak gentar
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian


Penilaian Keterampilan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen

IPS
4.4.2 Menyajikan dalam bentuk peta pikiran pahlawanan di masa kerajaan Islam dan pengaruhnya bagi masyarakat di wilayah setempat pada masa kini
Unjuk hasil
Rubrik penilaian pada BG halaman 114

SBdP
4.2.2 Menyanyikan notasi lagu maju tak gentar sesuai dengan tinggi rendah nada
Unjuk kerja
Rubrik penilaian pada BG halaman 114


Remedial
Siswa yang belum lancar menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” dapat mempraktikkannya dengan teman saat istirahat.

Pengayaan
Siswa dapat membaca lebih lanjut tentang Ki Hajar Dewantara dari berbagai sumber.

Bentuk Instrumen
Rubrik Penilaian Sikap
Sikap
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Membudaya
Keterangan

Jujur






Tanggung jawab







Rubrik Penilaian IPS
Peta pikiram dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian
Ada
Tidak Ada

Memuat minimal dua jasa Ki hajar Dewantara terhadap Indonesia.



Memuat alasan mengapa Ki Hajar Dewantara dinyatakan sebagai Bapak Pendidikan Nasional.



Memuat sedikitnya dua sikap yang bisa diteladani dari Ki Hajar Dewantara.



Memuat alasan kemungkinan yang terjadi jika tidak ada Bapak Ki Hajar Dewantara.



Penilaian (penskoran):

Rubrik Penilaian SBdP
Menyanyi dinilai dengan penilaian dalam bentuk daftar periksa.
No.
Kriteria
Ya
Tidak
Catatan

1
Saya dapat menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” dengan nada yang tepat.




2
Saya dapat menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” dengan tempo yang tepat.




3
Saya dapat memahami makna lagu “Maju Tak Gentar”.




Penilaian (penskoran):


Mengetahui,
Kepala SDN 01 Kibang Tri Jaya




MURSALIN, S.Pd.
NIP. 19620715 198207 1 001

Kibang Tri Jaya, ...................201...
Guru Kelas IV




DIDIN NURDIANSYAH, S.Pd.
NIP. 19850607 201407 1 001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah :  SDN 01 KIBANG TRI JAYA
Kelas/ Semester :  IV/1 (satu)
Tema :  5. Pahlawanku
Subtema :  2. Pahlawanku Kebanggaanku
Pembelajaran ke :  6
Fokus Pembelajaran :  PPKn, Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu :  4 x 35 menit (4 JP)

KOMPETENSI INTI
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1 Memahami hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari- hari.
3.1.6 Menjelaskan kaitan sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila

4.1 Menceritakan hubungan simbol dengan makna sila-sila Pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari- hari.
4.1.6 Menceritakan kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila


Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.7 Mengagali pengetahuan baru yang didapat dari teks nonfiksi

3.7.1 Menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional Indonesia

4.7 Menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
4.7.1 Mempresentasikan informasi yang diperoleh melalui bahasa lisan dan tulisan tentang pahlawan nasional Indonesia


TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan informasi dengan menggunakan tabel KW (know –what do you want to know) dari Pattimura dengan terperinci.
Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan informasi yang telah dipelajaridari teks Pattimura mempresentasikan informasi dalam bentuk tabel.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap dari tokoh yang sesuai dengan makna sila kelima dengan benar.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan refleksi diri dalam melaksanakan sila keempat Pancasila dengan benar.

MATERI PEMBELAJARAN
Menggali informasi dalam teks menggunakan pertanyaan.
Membuat peta pikiran dari informasi yang didapat.
Mempresentasikan peta pikiran.
Sikap yang sesuai sila kelima Pancasila.
Dampak tidak menerapkan sila kelima Pancasila.

PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik
Metode Pembelajaran : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah

MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat
:
Teks dan gambar Ir. Soekarno

Bahan
:
-

Sumber Belajar
:
Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas IV,  Tema 5: Pahlawanku, Subtema 2: Pahlawanku Kebanggaanku, Pembelajaran 6.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu

Pendahuluan
Guru menyapa siswa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Salah satu siswa memimpin doa.
Guru memfasilitasi siswa untuk bertanya jawab pentingnya mengawali setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan tentang sikap syukur.
Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap jujur dan bertanggung jawab yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
Guru membuka pembelajaran dengan mengingatkan kembali materi pelajaran yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Guru mengajukan pertanyaan, “Apa yang kamu ketahui tentang Ir. Soekarno?”
Siswa menjawab pertanyaan guru.
15 menit

Kegiatan Inti
Guru meminta siswa menulis sebanyak mungkin hal yang mereka ketahui tentang Ir. Soekarno.
Siswa diminta mengamati gambar dan informasi yang terdapat dalam buku siswa, seperti gambar dan teks pada Buku Guru halaman 117).
Untuk memancing rasa ingin tahu mereka, siswa diminta menulis pertanyaan sebanyak mungkin tentang Ir. Soekarno.
Siswa ditugaskan mencari informasi dari berbagai sumber tentang Ir.Soekarno untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Siswa diminta menuliskan informasi penting dalam bentuk peta pikiran yang telah disediakan di buku siswa.
Siswa diminta mempresentasikan peta pikiran dalam kelompok.
Tugas siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 1).
Sebagai penguatan, guru mengajak siswa untuk mengamati contoh peta pikiran yang terdapat dalam Rumah Juara.


Siswa membaca teks yang terdapat dalam buku siswa dan menjawab pertanyaan.
Siswa diminta mempresetasikan jawaban mereka dalam kelompok.
Tugas siswa dinilai menggunakan rubrik (penilaian 2).
110 menit

Kegiatan Penutup

Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
Hal-hal baik apa yang kamu pelajari hari ini?
Apa hal baik yang dapat kita contoh dari Kapitan Pattimura?
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua yaitu: mencari cerita yang berisi pesna moral, kemudian siswa memberi penilaian terhadap pesan moral sebuah cerita secara obyektif dan berdasarkan fakta.
Siswa melakukan operasi untuk menjaga kebersihan kelas.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 menit

PENILAIAN
Teknik Penilaian
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa dalam sikap jujur dan tanggung jawab melalui jurnal.

Penilaian Pengetahuan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia
3.7.1 Menyebutkan informasi yang diketahui tentang salah satu pahlawan nasional Indonesia
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian

PPKn
3.1.6 Menjelaskan kaitan sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila
Tes tertulis
Soal pilihan ganda
Soal isian
Soal uraian


Penilaian Keterampilan
Muatan
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instumen

Bahasa Indonesia
4.7.1 Mempresentasikan informasi yang diperoleh melalui bahasa lisan dan tulisan tentang pahlawan nasional Indonesia
Unjuk kerja
Rubrik penilaian pada BG halaman 119

PPKn
4.1.6 Menceritakan kaitan antara sikap kepahlawanan dengan makna sila Pancasila
Unjuk kerja
Rubrik penilaian pada BG halaman 120


Remedial
Siswa yang belum mampu memberikan penilaian terhadap komentar tentang pesan moral sebuah cerita dapat diberikan contoh teks yang sederhana. Dengan bimbingan dari guru, siswa secara bertahap dapat memberikan penilaian terhadap pesan moral sebuah cerita secara obyektif dan berdasarkan fakta.

Pengayaan
Siswa berlatih memberikan komentar tentang pesan moral dari berbagai cerita yang mereka pilih secara obyektif.

Bentuk Instrumen
Jurnal Penilaian Sikap
Sikap
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai berkembang
Membudaya
Keterangan

Jujur






Tanggung Jawab










Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia
Diskusi dan presentasi peta pikiran dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan  (1)

Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara tetapi sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara tetapi tidak mengindahkan.

Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampai-kan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan mengispirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, tetapi terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

Penilaian (penskoran):


Rubrik Penilaian PPKn
Diskusi tentang sikap kepahlawanan dan kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Pendampingan  (1)

Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.
Mendengarkan teman yang berbicara tetapi sesekali masih perlu diingatkan.
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara tetapi tidak mengindahkan.

Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Merespon dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampai-kan ide, perasaan, pikiran)
Isi pembicaraan mengispirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.
Berbicara dan menerangkan secara rinci, tetapi terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

Penilaian (penskoran):




Mengetahui,
Kepala SDN 01 Kibang Tri Jaya




MURSALIN, S.Pd.
NIP. 19620715 198207 1 001

Kibang Tri Jaya, ...................201...
Guru Kelas IV




DIDIN NURDIANSYAH, S.Pd.
NIP. 19850607 201407 1 001

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMAHAMI PROSES MANUFAKTUR BENANG

Pencucukan Benang Lusi

MEMAHAMI PROSES MANUFAKTUR KAIN